Apa Itu Prinsip Latihan,……….???

Untuk memungkinkan peningkatan prestasi, latihan haruslah berpedoman pada teori-teori serta prinsip – prinsip latihan tertentu. Tanpa berpedoman pada teori serta prinsip latihan yang benar, latihan seringkali menjurus ke praktik mal – practice ( mal praktik ) dan latihan yang tidak sistematis-metodis sehingga peningkatan prestasipun sukar diperoleh.

Oleh karena itu perlu kita fahami dahulu apa batasan ( defenisi ) training itu. Secara sederhana batasan training ialah : Training adalah suatu proses yang sistematis dari berlatih yang dilakukan secara berulang-ulang, dengan kian hari kian menambah jumlah beban latihannya.

Sistematis : Berencana , menurut jadwal, menurut pola dan sistem tertentu, metodis, dari mudah ke sukar, dari sederhana ke yang lebih kompleks, latihan teratur, dsb.

Berulang-ulang : maksudnya ialah agar gerakan – gerakan yang semula sukar dilakukan menjadi semakin mudah, otomatis, dan reflektif pelaksanaannya sehingga semakin menghemat energi,

Kian hari ditambah bebannya : maksudnya ialah setiap kali, secara periodik, dan manakala tiba saatnya untuk ditambah maka prestasi pun tidak akan meningkat.

Selanjutnya akan disajikan secara ringkas beberapa prinsip latihan yang paling penting untuk menjadi pedoman bagi siapapun yang ingin menigkatkan performa pelatihannya atau prestasi olahraganya.

Karena sistem faaliah tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan rangsangan-rangsangan latihan, penerapan rangsangan overload harus dilakukan secara bertahap, progresif, serta diselingi dengan periode-periode pemulihan atau penurunan intensitas dan volume latihan, Jadi :

  1. Istirahat yang cukup setiap hari penting
  2. Hari – hari latihan besar harus diselingi dengan hari-hari latihan ringan.
  3. Rencana latihan harus disusun dalam siklus-siklus, yaitu misalnya setelah latihan puncak, latihan kemudian diturunkan intensitasnya dan volumenya
  4. Agar efektif hasilnya, latihan overload sebaiknya menganut ”sistem tangga “ ( step-type approach ).

Posted on November 8, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: